Berikut contoh program dengan
menggunakan assembly, semoga bermanfaat.
;=====Start Program=====
.MODEL SMALL
.CODE
org 100h
posisi macro baris,kolom
mov ah,02h
mov dh,baris
mov dl,kolom
mov bh,00h
int 10h
endm
cls proc near
mov ah,06h
mov cx,0000h
mov dh,24
mov dl,79
mov al,00
mov bh,1Ah
int 10h
jmp subp
POSISI 0,0
;ret
cls endp
awal: posisi 0,0
jmp proses
KAL0 DB ' << MASUKKAN PILIHAN MENU >> $'
KALZ DB 13,10,' *************************** $'
KALY DB 13,10, ' $'
KAL1 DB 13,10, '1. PENJUMLAHAN (BILANGAN KURANG DARI 10) $'
KAL2 DB 13,10, '2. INPUT KALIMAT $'
KAL3 DB 13,10, '3. CETAK STRING $'
KAL4 DB 13,10, '4. KELUAR $'
KAL5 DB 13,10, 'PILIHLAH APA YANG KAMU INGINKAN [1..4] : $'
KAL6 DB 13,10, 'Tekan (y/Y) untuk mengulang atau sembarang tombol untuk keluar!!$'
kata1 DB 13,10,'PENJUMLAHAN $'
kata2 DB 13,10,'INPUT KALIMAT $'
kata3 DB 13,10,'CETAK STRING $'
PROGRAM1: call P1
PROGRAM2: call P2
PROGRAM3: call P3
proses: call cls
SUBP:
mov ah,09h
mov dx,offset kal0
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kalz
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kalY
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal1
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal2
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal3
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal4
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal5
int 21h
MOV AH,01H
INT 21H
MOV DL,AL
cmp DL,'1'
JL AWAL
CMP DL,'4'
JG AWAL
CMP DL,'1'
JE PROGRAM1
CMP DL,'2'
JE PROGRAM2
CMP DL,'3'
JE PROGRAM3
CMP DL,'4'
JE EXIT
INT 20H
p1 proc near
mov ah,09h
mov dx,offset kata1
int 21h
A: jmp start
kalB db 13,10, 'masukkan bilangan pertama: $'
kalC db 13,10, 'masukkan bilangan kedua: $'
kalD db 13,10, 'total penjumlahan: $'
start:
mov ah,09h
lea dx,kalB
int 21h
mov ah,01h
int 21h
mov bh,al
;add bh,30h
mov ah,09h
lea dx,kalC
int 21h
mov ah,01h
int 21h
mov bl,al
mov ah,09h
lea dx,kalD
int 21h
add bh,bl
mov ah,02h
sub bh,30h
mov dl,bh
int 21h
jmp PERULANGAN
ret
p1 endp
p2 proc near
mov ah,09h
mov dx,offset kata2
int 21h
MULEI:
MOV CL,30H
JMP PROS
KALH DB 13,10,'Ketikkan satu kalimat:$'
KALI DB 13,10,'Kalimat yang diinput adalah:$'
KALJ DB 13,10,'Cetak dari belakang:$',13,10
KALK DB 13,10,'panjang string adalah:$'
KALX DB 13,10,'$'
KALL DB 13,10,'Jumlah Huruf Vokal:$'
KALM DB 13,10,'Jumlah Huruf Konsonan:$'
KATA DB 10,?,10 DUP (?)
VOKAL: INC CL
JMP PLUS
PROS:
;============= CETAK STRING ================
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALH
INT 21H
;============= INPUT STRING ================
MOV AH,0AH
LEA DX,KATA
INT 21H
;============= CETAK STRING ================
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALI
INT 21H
;============ CETAK VARIABEL STRING DG MODEL COMPARASI ==========
MOV BX,OFFSET KATA+2
CET:
MOV DL,[BX]
CMP DL,0DH
JE BELAKANG
MOV AH,02H
INT 21H
CMP DL,'a'
JE VOKAL
CMP DL,'i'
JE VOKAL
CMP DL,'u'
JE VOKAL
CMP DL,'e'
JE VOKAL
CMP DL,'o'
JE VOKAL
CMP DL,'A'
JE VOKAL
CMP DL,'I'
JE VOKAL
CMP DL,'U'
JE VOKAL
CMP DL,'E'
JE VOKAL
CMP DL,'O'
JE VOKAL
PLUS:INC BX
JMP CET
;============= CETAK KATA DARI BELAKANG ==================
BELAKANG:MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALJ
INT 21H
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALX
INT 21H
CETAK1:
MOV DL,[BX]
CMP DL,KATA+1
JE VOKAL1
MOV AH,02H
INT 21H
DEC BX
JMP CETAK1
;============ CETAK JUMLAH VOKAL ================
VOKAL1:
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALL
INT 21H
MOV DL,CL
;ADD DL,30H
MOV AH,02H
INT 21H
;============ CETAK JUMLAH KONSONAN ===============
KONSONAN:
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALM
INT 21H
MOV BX,OFFSET KATA+1
MOV DL,[BX]
ADD DL,30H
SUB DL,CL
ADD DL,30H
MOV AH,02H
INT 21H
;============= CETAK PANJANG STRING ================
AKHIR:
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALK
INT 21H
MOV BX,OFFSET KATA+1
MOV DL,[BX]
ADD DL,30H
MOV AH,02H
INT 21H
jmp PERULANGAN
ret
p2 endp
P3 proc near
mov ah,09h
mov dx,offset kata3
int 21h
B:
JMP KLIK
KALE DB 13,10,'CETAK MULAI DARI: $'
KALF DB ' S/D: $'
KALG DB 13,10,'HASIL : $'
KLIK:
MOV AH,09H ;CETAK KAL1
LEA DX,KALE
INT 21H
MOV AH,01H ;BACA INPUTAN DARI
INT 21H
MOV BH,AL ;PINDAH INPUTAN KE BH
MOV AH,09H ;CETAK KAL2
LEA DX,KALF
INT 21H
MOV AH,01H ;BACA INPUTAN SAMPAI
INT 21H
MOV BL,AL ;PINDAH INPUTAN KE BL
MOV AH,09H ;CETAK HASIL
LEA DX,KALG
INT 21H
CMP BL,BH ;BANDINGKAN BL DENGAN BH
JG ASCEND ;BILA BL LEBIH BESAR, MAKA JUMP KE ASCEND
JMP DESCEND ;BILA TIDAK, JUMP KE DESCEND
DESCEND:
MOV AH,02H ;INTERUPT CETAK
MOV DL,BH ;ISI DL DENGAN BH
INT 21H ;CETAK DL
mov ah,02h
mov dl,0ah
int 21h
DEC BH ;KURANGI BH 1H
CMP BH,BL ;BANDINGKAN BH DENGAN BL
JG DESCEND ;BILA BH LEBIH BESAR, JUMP KE DESCEND
ASCEND:
MOV AH,02H ;PERINTAH CETAK
MOV DL,BH ;ISI DL DENGAN BH
INT 21H ;PERINTAH CETAK DL
mov ah,02h
mov dl,0ah
int 21h
INC BH ;TAMBAHKAN BH DENGAN 1H
CMP BH,BL ;BANDINGKAN BH DENGAN BL
JLE ASCEND ;BILA BH LEBIH KECIL, JNP KE ASCEND
JMP PERULANGAN
ret
P3 endp
PERULANGAN:
MOV AH,09H
LEA DX,KAL6
INT 21H
MOV AH,01H
INT 21H
MOV BH,AL
CMP BH,'Y'
JE AWAL
CMP BH,'y'
JE AWAL
EXIT:
INT 20H
;=====End Program=====
;=====Start Program=====
.MODEL SMALL
.CODE
org 100h
posisi macro baris,kolom
mov ah,02h
mov dh,baris
mov dl,kolom
mov bh,00h
int 10h
endm
cls proc near
mov ah,06h
mov cx,0000h
mov dh,24
mov dl,79
mov al,00
mov bh,1Ah
int 10h
jmp subp
POSISI 0,0
;ret
cls endp
awal: posisi 0,0
jmp proses
KAL0 DB ' << MASUKKAN PILIHAN MENU >> $'
KALZ DB 13,10,' *************************** $'
KALY DB 13,10, ' $'
KAL1 DB 13,10, '1. PENJUMLAHAN (BILANGAN KURANG DARI 10) $'
KAL2 DB 13,10, '2. INPUT KALIMAT $'
KAL3 DB 13,10, '3. CETAK STRING $'
KAL4 DB 13,10, '4. KELUAR $'
KAL5 DB 13,10, 'PILIHLAH APA YANG KAMU INGINKAN [1..4] : $'
KAL6 DB 13,10, 'Tekan (y/Y) untuk mengulang atau sembarang tombol untuk keluar!!$'
kata1 DB 13,10,'PENJUMLAHAN $'
kata2 DB 13,10,'INPUT KALIMAT $'
kata3 DB 13,10,'CETAK STRING $'
PROGRAM1: call P1
PROGRAM2: call P2
PROGRAM3: call P3
proses: call cls
SUBP:
mov ah,09h
mov dx,offset kal0
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kalz
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kalY
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal1
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal2
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal3
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal4
int 21h
mov ah,09h
mov dx,offset kal5
int 21h
MOV AH,01H
INT 21H
MOV DL,AL
cmp DL,'1'
JL AWAL
CMP DL,'4'
JG AWAL
CMP DL,'1'
JE PROGRAM1
CMP DL,'2'
JE PROGRAM2
CMP DL,'3'
JE PROGRAM3
CMP DL,'4'
JE EXIT
INT 20H
p1 proc near
mov ah,09h
mov dx,offset kata1
int 21h
A: jmp start
kalB db 13,10, 'masukkan bilangan pertama: $'
kalC db 13,10, 'masukkan bilangan kedua: $'
kalD db 13,10, 'total penjumlahan: $'
start:
mov ah,09h
lea dx,kalB
int 21h
mov ah,01h
int 21h
mov bh,al
;add bh,30h
mov ah,09h
lea dx,kalC
int 21h
mov ah,01h
int 21h
mov bl,al
mov ah,09h
lea dx,kalD
int 21h
add bh,bl
mov ah,02h
sub bh,30h
mov dl,bh
int 21h
jmp PERULANGAN
ret
p1 endp
p2 proc near
mov ah,09h
mov dx,offset kata2
int 21h
MULEI:
MOV CL,30H
JMP PROS
KALH DB 13,10,'Ketikkan satu kalimat:$'
KALI DB 13,10,'Kalimat yang diinput adalah:$'
KALJ DB 13,10,'Cetak dari belakang:$',13,10
KALK DB 13,10,'panjang string adalah:$'
KALX DB 13,10,'$'
KALL DB 13,10,'Jumlah Huruf Vokal:$'
KALM DB 13,10,'Jumlah Huruf Konsonan:$'
KATA DB 10,?,10 DUP (?)
VOKAL: INC CL
JMP PLUS
PROS:
;============= CETAK STRING ================
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALH
INT 21H
;============= INPUT STRING ================
MOV AH,0AH
LEA DX,KATA
INT 21H
;============= CETAK STRING ================
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALI
INT 21H
;============ CETAK VARIABEL STRING DG MODEL COMPARASI ==========
MOV BX,OFFSET KATA+2
CET:
MOV DL,[BX]
CMP DL,0DH
JE BELAKANG
MOV AH,02H
INT 21H
CMP DL,'a'
JE VOKAL
CMP DL,'i'
JE VOKAL
CMP DL,'u'
JE VOKAL
CMP DL,'e'
JE VOKAL
CMP DL,'o'
JE VOKAL
CMP DL,'A'
JE VOKAL
CMP DL,'I'
JE VOKAL
CMP DL,'U'
JE VOKAL
CMP DL,'E'
JE VOKAL
CMP DL,'O'
JE VOKAL
PLUS:INC BX
JMP CET
;============= CETAK KATA DARI BELAKANG ==================
BELAKANG:MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALJ
INT 21H
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALX
INT 21H
CETAK1:
MOV DL,[BX]
CMP DL,KATA+1
JE VOKAL1
MOV AH,02H
INT 21H
DEC BX
JMP CETAK1
;============ CETAK JUMLAH VOKAL ================
VOKAL1:
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALL
INT 21H
MOV DL,CL
;ADD DL,30H
MOV AH,02H
INT 21H
;============ CETAK JUMLAH KONSONAN ===============
KONSONAN:
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALM
INT 21H
MOV BX,OFFSET KATA+1
MOV DL,[BX]
ADD DL,30H
SUB DL,CL
ADD DL,30H
MOV AH,02H
INT 21H
;============= CETAK PANJANG STRING ================
AKHIR:
MOV AH,09H
MOV DX,OFFSET KALK
INT 21H
MOV BX,OFFSET KATA+1
MOV DL,[BX]
ADD DL,30H
MOV AH,02H
INT 21H
jmp PERULANGAN
ret
p2 endp
P3 proc near
mov ah,09h
mov dx,offset kata3
int 21h
B:
JMP KLIK
KALE DB 13,10,'CETAK MULAI DARI: $'
KALF DB ' S/D: $'
KALG DB 13,10,'HASIL : $'
KLIK:
MOV AH,09H ;CETAK KAL1
LEA DX,KALE
INT 21H
MOV AH,01H ;BACA INPUTAN DARI
INT 21H
MOV BH,AL ;PINDAH INPUTAN KE BH
MOV AH,09H ;CETAK KAL2
LEA DX,KALF
INT 21H
MOV AH,01H ;BACA INPUTAN SAMPAI
INT 21H
MOV BL,AL ;PINDAH INPUTAN KE BL
MOV AH,09H ;CETAK HASIL
LEA DX,KALG
INT 21H
CMP BL,BH ;BANDINGKAN BL DENGAN BH
JG ASCEND ;BILA BL LEBIH BESAR, MAKA JUMP KE ASCEND
JMP DESCEND ;BILA TIDAK, JUMP KE DESCEND
DESCEND:
MOV AH,02H ;INTERUPT CETAK
MOV DL,BH ;ISI DL DENGAN BH
INT 21H ;CETAK DL
mov ah,02h
mov dl,0ah
int 21h
DEC BH ;KURANGI BH 1H
CMP BH,BL ;BANDINGKAN BH DENGAN BL
JG DESCEND ;BILA BH LEBIH BESAR, JUMP KE DESCEND
ASCEND:
MOV AH,02H ;PERINTAH CETAK
MOV DL,BH ;ISI DL DENGAN BH
INT 21H ;PERINTAH CETAK DL
mov ah,02h
mov dl,0ah
int 21h
INC BH ;TAMBAHKAN BH DENGAN 1H
CMP BH,BL ;BANDINGKAN BH DENGAN BL
JLE ASCEND ;BILA BH LEBIH KECIL, JNP KE ASCEND
JMP PERULANGAN
ret
P3 endp
PERULANGAN:
MOV AH,09H
LEA DX,KAL6
INT 21H
MOV AH,01H
INT 21H
MOV BH,AL
CMP BH,'Y'
JE AWAL
CMP BH,'y'
JE AWAL
EXIT:
INT 20H
;=====End Program=====
welcome
to abadisantosa jaya
October 2, 2012
Ayoo belajar assemly…!!
DASAR TEORI
A.Pengertian Assembly
Bahasa Assembly (Assembler) adalah merupakan salah satu dari sekian bahasa pemrograman yang tergolong dalah bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language) dan hanya setingkat dengan bahasa mesin (machine language)
Bahasa Assembly (Assembler) adalah merupakan salah satu dari sekian bahasa pemrograman yang tergolong dalah bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language) dan hanya setingkat dengan bahasa mesin (machine language)
B.Kelebihan menggunakan Assembly
Hasil program memiliki tingkat kecepatan yang tinggi
Ukuran dari program lebih kecil
Sangat mudah untuk mengakses sistem komputer
Hasil program memiliki tingkat kecepatan yang tinggi
Ukuran dari program lebih kecil
Sangat mudah untuk mengakses sistem komputer
C.Pengertian segment dan offset
Segment dan offset merupakan angka 16 bit (dipresentasikan dalam bahasa hexa) yang menunjukan suatu alamat tertentu di memory komputer. Pasangan segment : offset ini disebut juga alamat relatif. Selain alamat relatif, terdapat juga alamat mutlak berupa angka 20 bit (juga dipresentasikan dalam bil hexa). Alamat mutlak ini dapat dihitung dengan mengalihkan segment dengan 10 hexa dan ditambahkan dengan offset
Segment dan offset merupakan angka 16 bit (dipresentasikan dalam bahasa hexa) yang menunjukan suatu alamat tertentu di memory komputer. Pasangan segment : offset ini disebut juga alamat relatif. Selain alamat relatif, terdapat juga alamat mutlak berupa angka 20 bit (juga dipresentasikan dalam bil hexa). Alamat mutlak ini dapat dihitung dengan mengalihkan segment dengan 10 hexa dan ditambahkan dengan offset
D.Interrupt
Interrupt merupakan permintaan kepada microprocessor untuk melakukan suatu perintah. Ketika terjadi permintaan interupsi, microprocessor akan mengeksekusi interrupt handler, yaitu suatu program yang melayani interupsi. Setiap interrupt handler itu memiliki alamat masing-masing yang disimpan dalam bentuk array yang masing-masing terdiri dari 4 byte. Array ini disebut vektor interupsi.
Interrupt merupakan permintaan kepada microprocessor untuk melakukan suatu perintah. Ketika terjadi permintaan interupsi, microprocessor akan mengeksekusi interrupt handler, yaitu suatu program yang melayani interupsi. Setiap interrupt handler itu memiliki alamat masing-masing yang disimpan dalam bentuk array yang masing-masing terdiri dari 4 byte. Array ini disebut vektor interupsi.
E.Register
Register merupakan sebagian memory dari microprocessor yang memiliki kecepatan sangat tinggi. Dapat juga dianalogikan bahwa register merupakan kaki tangan dari microprocessor.
Register dibagi menjadi 5 bagian :
1.Segment register (16 bit) : register untuk menunjukan alamat dari suatu segment. Yang termasuk register ini :
a.CS (code segment) : Menunjukan alamat segment dari program yang sedang aktif
b.DS (data segment ) : menunjukan alamat segment dari data program (variabel)
c.SS (stack segment) : menunjukan alamat segment dari stack yang digunakan program
d.ES (extra segment) : merupakan register segment cadangan.
2.Pointer dan index register (16 bit) : register untuk menunjukan alamat dari suatu offset. Yang termasuk register ini :
a.SP (stack pointer) : berpasangan dengan SS (SS : SP)
b.BP (base pointer) : berpasangan dengan SS (SS : BP)
c.DI (destination index) : berpasangan dengan ES (ES : DI) dipakai untuk operasi string
a.SI (source index) : berpasangan dengan DS (DS : SI) dipakai untuk operasi string.
1.General purpose register (16 bit)
Register yang termasuk dalam kelompok ini adalah register AX,BX,CX dan DX yan
masing-masing terdiri atas 16 bit. Register- register 16 bit dari kelompok i
mempunyai suatu ciri khas, yaitu dapat dipisah menjadi 2 bagian dimana masing
masing bagian terdiri atas 8 bit, seperti pada gambar 4.1. Akhiran H menunjukka
High sedangkan akhiran L menunjukkan Low.
+ A X + + B X + + C X + + D X +
+-+–+–+-+ +-+–+–+-+ +-+–+–+-+ +-+–+–+-+
| AH | AL | | BH | BL | | CH | CL | | DH | DL |
+—-+—-+ +—-+—-+ +—-+—-+ +—-+—-+
Secara umum register-register dalam kelompok ini dapat digunakan untuk berbag
keperluan, walaupun demikian ada pula penggunaan khusus dari masing-masin
register ini yaitu :
a. Register AX, secara khusus digunakan pada operasi aritmatika terutama
dalam operasi pembagian dan pengurangan.
b. Register BX, biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu alamat offset dari
suatu segmen.
c. Register CX, digunakan secara khusus pada operasi looping dimana register
ini menentukan berapa banyaknya looping yang akan terjadi.
b.Register DX, digunakan untuk menampung sisa hasil pembagian 16 bit. Pada
prosesor 80386 terdapat tambahan register 32 bit, yaitu EAX,EBX,ECX dan
EDX.
2.Index Pointer Register
Register IP berpasangan dengan CS(CS:IP) menunjukkan alamat dimemory tempat
dari intruksi(perintah) selanjutnya yang akan dieksekusi. Register IP juga merupakan
register 16 bit. Pada prosesor 80386 digunakan register EIP yang merupakan register
32 bit.
3.Flags Register.
Sesuai dengan namanya Flags(Bendera) register ini menunjukkan kondisi dari suatu
keadaan<>. Karena setiap keadaan dapat digunakan 1 bit saja, maka
sesuai dengan jumlah bitnya, Flags register ini mampu memcatat sampai 16 keadaan.
Adapun flag yang terdapat pada mikroprosesor 8088 keatas adalah :
- OF . Jika terjadi OverFlow pada operasi aritmatika, bit ini
akan bernilai 1.
- SF . Jika digunakan bilangan bertanda bit ini akan bernilai 1
- ZF . Jika hasil operasi menghasilkan nol, bit ini akan bernilai 1.
- CF . Jika terjadi borrow pada operasi pengurangan atau carry
pada penjumlahan, bit ini akan bernilai 1.
- PF . Digunakan untuk menunjukkan paritas bilangan. Bit ini
akan bernilai 1 bila bilangan yang dihasilkan merupakan bilangan genap.
- DF . Digunakan pada operasi string untuk menunjukkan arah
proses.
- IF . CPU akan mengabaikan interupsi yang terjadi
jika bit ini 0.
- TF . Digunakan terutama untuk Debugging, dengan operasi step by step.
- AF . Digunakan oleh operasi BCD, seperti pada perintah
AAA.
- NT . Digunakan pada prosesor 80286 dan 80386 untuk
menjaga jalannya interupsi yang terjadi secara beruntun.
- IOPL . Flag ini terdiri atas 2 bit dan digunakan pada
prosesor 80286 dan 80386 untuk mode proteksi.
- PE . Digunakan untuk mengaktifkan mode proteksi. Flag ini akan bernilai 1 pada mode proteksi dan 0 pada mode real.
- MP . Digunakan bersama flag TS untuk menangani
terjadinya intruksi WAIT.
- EM . Flag ini digunakan untuk mensimulasikan
coprosesor 80287 atau 80387.
- TS . Flag ini tersedia pada 80286 keatas.
- ET . Flag ini digunakan untuk menentukan jenis coprosesor
80287 atau 80387.
- RF . Register ini hanya terdapat pada prosesor 80386 keatas.
- VF . Bila flag ini bernilai 1 pada saat mode proteksi,
mikroprosesor akan memungkinkan dijalankannya aplikasi mode real pada
mode proteksi. Register ini hanya terdapat pada 80386 keatas.
Register merupakan sebagian memory dari microprocessor yang memiliki kecepatan sangat tinggi. Dapat juga dianalogikan bahwa register merupakan kaki tangan dari microprocessor.
Register dibagi menjadi 5 bagian :
1.Segment register (16 bit) : register untuk menunjukan alamat dari suatu segment. Yang termasuk register ini :
a.CS (code segment) : Menunjukan alamat segment dari program yang sedang aktif
b.DS (data segment ) : menunjukan alamat segment dari data program (variabel)
c.SS (stack segment) : menunjukan alamat segment dari stack yang digunakan program
d.ES (extra segment) : merupakan register segment cadangan.
2.Pointer dan index register (16 bit) : register untuk menunjukan alamat dari suatu offset. Yang termasuk register ini :
a.SP (stack pointer) : berpasangan dengan SS (SS : SP)
b.BP (base pointer) : berpasangan dengan SS (SS : BP)
c.DI (destination index) : berpasangan dengan ES (ES : DI) dipakai untuk operasi string
a.SI (source index) : berpasangan dengan DS (DS : SI) dipakai untuk operasi string.
1.General purpose register (16 bit)
Register yang termasuk dalam kelompok ini adalah register AX,BX,CX dan DX yan
masing-masing terdiri atas 16 bit. Register- register 16 bit dari kelompok i
mempunyai suatu ciri khas, yaitu dapat dipisah menjadi 2 bagian dimana masing
masing bagian terdiri atas 8 bit, seperti pada gambar 4.1. Akhiran H menunjukka
High sedangkan akhiran L menunjukkan Low.
+ A X + + B X + + C X + + D X +
+-+–+–+-+ +-+–+–+-+ +-+–+–+-+ +-+–+–+-+
| AH | AL | | BH | BL | | CH | CL | | DH | DL |
+—-+—-+ +—-+—-+ +—-+—-+ +—-+—-+
Secara umum register-register dalam kelompok ini dapat digunakan untuk berbag
keperluan, walaupun demikian ada pula penggunaan khusus dari masing-masin
register ini yaitu :
a. Register AX, secara khusus digunakan pada operasi aritmatika terutama
dalam operasi pembagian dan pengurangan.
b. Register BX, biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu alamat offset dari
suatu segmen.
c. Register CX, digunakan secara khusus pada operasi looping dimana register
ini menentukan berapa banyaknya looping yang akan terjadi.
b.Register DX, digunakan untuk menampung sisa hasil pembagian 16 bit. Pada
prosesor 80386 terdapat tambahan register 32 bit, yaitu EAX,EBX,ECX dan
EDX.
2.Index Pointer Register
Register IP berpasangan dengan CS(CS:IP) menunjukkan alamat dimemory tempat
dari intruksi(perintah) selanjutnya yang akan dieksekusi. Register IP juga merupakan
register 16 bit. Pada prosesor 80386 digunakan register EIP yang merupakan register
32 bit.
3.Flags Register.
Sesuai dengan namanya Flags(Bendera) register ini menunjukkan kondisi dari suatu
keadaan<>. Karena setiap keadaan dapat digunakan 1 bit saja, maka
sesuai dengan jumlah bitnya, Flags register ini mampu memcatat sampai 16 keadaan.
Adapun flag yang terdapat pada mikroprosesor 8088 keatas adalah :
- OF . Jika terjadi OverFlow pada operasi aritmatika, bit ini
akan bernilai 1.
- SF . Jika digunakan bilangan bertanda bit ini akan bernilai 1
- ZF . Jika hasil operasi menghasilkan nol, bit ini akan bernilai 1.
- CF . Jika terjadi borrow pada operasi pengurangan atau carry
pada penjumlahan, bit ini akan bernilai 1.
- PF . Digunakan untuk menunjukkan paritas bilangan. Bit ini
akan bernilai 1 bila bilangan yang dihasilkan merupakan bilangan genap.
- DF . Digunakan pada operasi string untuk menunjukkan arah
proses.
- IF . CPU akan mengabaikan interupsi yang terjadi
jika bit ini 0.
- TF . Digunakan terutama untuk Debugging, dengan operasi step by step.
- AF . Digunakan oleh operasi BCD, seperti pada perintah
AAA.
- NT . Digunakan pada prosesor 80286 dan 80386 untuk
menjaga jalannya interupsi yang terjadi secara beruntun.
- IOPL . Flag ini terdiri atas 2 bit dan digunakan pada
prosesor 80286 dan 80386 untuk mode proteksi.
- PE . Digunakan untuk mengaktifkan mode proteksi. Flag ini akan bernilai 1 pada mode proteksi dan 0 pada mode real.
- MP . Digunakan bersama flag TS untuk menangani
terjadinya intruksi WAIT.
- EM . Flag ini digunakan untuk mensimulasikan
coprosesor 80287 atau 80387.
- TS . Flag ini tersedia pada 80286 keatas.
- ET . Flag ini digunakan untuk menentukan jenis coprosesor
80287 atau 80387.
- RF . Register ini hanya terdapat pada prosesor 80386 keatas.
- VF . Bila flag ini bernilai 1 pada saat mode proteksi,
mikroprosesor akan memungkinkan dijalankannya aplikasi mode real pada
mode proteksi. Register ini hanya terdapat pada 80386 keatas.
Perintah –Perintah Debug :
• A : Merakit intruksi simbolik (kode mesin)
• D : menampilkan isi suatu daerah memori
• E : memasukan data ke memori yang dimulai
• G : run executable program ke memori
• N : menamai program
• P : eksekusi sekumpulan intruksi yang terkait
• Q : quit
• R : menampilkan isi satu atau lebih register
• T : trace isi sebuah intruksi
• U : unassembled kode mesin ke kode simbolik
• W : menulis program ke disk
• A : Merakit intruksi simbolik (kode mesin)
• D : menampilkan isi suatu daerah memori
• E : memasukan data ke memori yang dimulai
• G : run executable program ke memori
• N : menamai program
• P : eksekusi sekumpulan intruksi yang terkait
• Q : quit
• R : menampilkan isi satu atau lebih register
• T : trace isi sebuah intruksi
• U : unassembled kode mesin ke kode simbolik
• W : menulis program ke disk
***BEBERAPA CONTOH PROGRAM
ASSEMBLY***
1.PROGRAM UNTUK MEMAMPILKAN SEBUAH
KARAKTER
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,2
mov dl,’B’
int 21h
int 20h
end mulai
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,2
mov dl,’B’
int 21h
int 20h
end mulai
Cara menjalankan program :
1.Simpan Program yang sudah anda ketik dengan nama file Latihan1.asm
2.Gunakan TASM untuk membuat program obyek
C:\>tasm \tasm latihan1.asm
3.Gunakan TLINK untuk membangun excutable program
C:\>tasm\tlink/t latihan1.obj
4.Jalan program yang sudah anda buat
C:\>tasm>latihan1.com
1.Simpan Program yang sudah anda ketik dengan nama file Latihan1.asm
2.Gunakan TASM untuk membuat program obyek
C:\>tasm \tasm latihan1.asm
3.Gunakan TLINK untuk membangun excutable program
C:\>tasm\tlink/t latihan1.obj
4.Jalan program yang sudah anda buat
C:\>tasm>latihan1.com
penjelasan :
.Model small (program yang akan
dibuat hanya membutuhkan memory kecil)
.Code berpasangan dengan org 100h (kita memberitahukan bahwa kita akan menggunkan kode segmen)
Mulai : (label, dan diakhir dengan label end mulai untuk membatasi kode inti)
Mov ah,2 (perintah menampilakan karakter yang disimpan dalam register DL)
Mov dl, “B” ()
Int 21h dipasangkan dengan int 20h (berfungsi untuk menampilkan sebuah karakter pada layar)
.Code berpasangan dengan org 100h (kita memberitahukan bahwa kita akan menggunkan kode segmen)
Mulai : (label, dan diakhir dengan label end mulai untuk membatasi kode inti)
Mov ah,2 (perintah menampilakan karakter yang disimpan dalam register DL)
Mov dl, “B” ()
Int 21h dipasangkan dengan int 20h (berfungsi untuk menampilkan sebuah karakter pada layar)
1.PROGRAM MENCATAK KATA
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,2
mov dl,’A’
int 21h
mov dl,’N’
int 21h
mov dl,”I”
int 21h
mov dl,’S’
int 21h
int 20h
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,2
mov dl,’A’
int 21h
mov dl,’N’
int 21h
mov dl,”I”
int 21h
mov dl,’S’
int 21h
int 20h
end mulai
output:
penjelasan :
Inti dari program diatas sama dengan program menampilkan karakter “B” hanya ditambah perintah untuk mencetak karakter huruf lain yang diinginkan
Inti dari program diatas sama dengan program menampilkan karakter “B” hanya ditambah perintah untuk mencetak karakter huruf lain yang diinginkan
1.PROGRAM PERULANGAN (LOOP)
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,02h
mov dl, ‘A’
mov cx, 9
ulang:
int 21h
loop ulang
int 20h
end mulai
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,02h
mov dl, ‘A’
mov cx, 9
ulang:
int 21h
loop ulang
int 20h
end mulai
output :
Penjelasan :
Mov cx, 9 (perintah untuk melalukan perulangan sebanyak kita mau dalam perintah ini adalah 9x)
Mov cx, 9 (perintah untuk melalukan perulangan sebanyak kita mau dalam perintah ini adalah 9x)
1.PROGRAM PERTAMBAHAN DENGAN 1 (INC)
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,02h
mov dl,’A’
mov cx,7
ulang:
int 21h
inc dl
loop ulang
int 20h
end mulai
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,02h
mov dl,’A’
mov cx,7
ulang:
int 21h
inc dl
loop ulang
int 20h
end mulai
output :
penjelasan :
Mov cx,7 (program akan melakukan perulangan sebanyak 7x dengan nilai dari A terus bertambah satu)
Inc dl (perintah untuk melakukan pertambahan terhadap nilai A)
Perintah INC (Increment) digunakan khusus untuk pertambahan dengan 1.
Mov cx,7 (program akan melakukan perulangan sebanyak 7x dengan nilai dari A terus bertambah satu)
Inc dl (perintah untuk melakukan pertambahan terhadap nilai A)
Perintah INC (Increment) digunakan khusus untuk pertambahan dengan 1.
1.PROGRAM PENGURANGAN DENGAN 1 (DEC)
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,02h
mov dl,’D’
mov cx,4
ulang:
int 21h
DEC dl
loop ulang
int 20h
end mulai
.model small
.code
org 100h
mulai:
mov ah,02h
mov dl,’D’
mov cx,4
ulang:
int 21h
DEC dl
loop ulang
int 20h
end mulai
1 komentar:
numpang tanya , gimana cara membuat program dengan bahasa assembly mengunakan aplikasi tasm untuk menampilkan lebih darri 1 proses ?
mksh O:)
Posting Komentar